Jumat, 20 November 2009

Bangunan Tahan Gempa


Bangunan tahan gempa ini adalah salah satu contoh bangunan tahan terhada guncangan gempa.tetapi bangunan ini belum ada di Indonesia.padahal bangunan ini sangat berguna bagi Indonesia yang negara nya yang dikelilingi oleh banyak gunung aktif serta sering terjadi guncangan gempa.

Prinsip disainnya :
-          keseimbangan : asimetris karena bangunan tersebut bersifst tidak formal dan jika di tarik garis tengah sumbu axis tiap elemen di ulang sepasang-sepasang masing-masing dikiri dan kanan garis sumbu tadi.
-          Irama : dinamis karena pengulangan bentuk,garis,serta dimensi yang berbeda serta irama terbuka yang menggunakan pengulangan jarak yang berbeda.
-          Vocal point nya : pada bagian luar gedung yang berbentuk setengah lingkaran  serta ukuran yang bisa di tempati oleh manusia atau guna bangunan tersebut sama dengan rumah pada umumnya
-          Skala : monumental karena bangunan tersebut dapat digunakan oleh manusia untuk di huni.
-          Unity : ada keterpaduan karena bangunan tersebut ada beberapa bentuk yang sama dalam lingkungan yang sama yang membuat bangunan tersebut terlihat utuh dan serasi.dalam hal ini seluruh unsur saling menunjang dan membentuk satu kesatuan yang lengkap,tidak berlebihan,tidak kurang.




Bangunan berlantai 4 ini adalah salah satu bangunan yang sedang di uji ketahanannya terhadap guncangan gempa.di Indonesia sangat butuh tentang bangunan sejenis ini walaupun bangunan berlantai 4 tapi tahan gempa.

Prinsip disain :
-          keseimbangan : simetris karena bangunan tersebut bersifat formal dan jika di tarik garis axis maka sisi kanan dan kiri akan terlihat sama.
-          Irama : statis karena bangunan tersebut terlihat sangat dari pengulangan bentuk,pengulangan garis,pengulangan dimensi.serta tertutup karena bangunan tersebut dari awal pembuatan sama sampai dengan akhir gambar.
-          Vocal point : lantai 4 karena jika di telaah jarang ada bangunan yang berlantai 4 bisa tahan dengan guncangan gempa
-          Skala : monumental karena bangunan tersebut adalah bangunan huni bukan di gunakan sabagai kantor atau sebagai nya.
-          Unity : tidak ada keterpaduan karena bangunan tersebut berdiri sendiri serta tidak ada gedung lain sebagai pembanding.









Beberapa rumah adat cikondang adalah salah satu bangunan tradisional yang tahan terhadap guncangan gempa.karena bangunan tersebut terbuat dari bambu bilik  yang kebanyakan orang-orang daerah pedesaan yang menggunakan bangunan tersebut.

Prinsip disain :
-          keseimbangan : asimetris karena bangunan tersebut bersifat non formal dan jika di tarik garis axis maka sisi kanan dan kiri berbeda.
-          Irama : dinamis karena bangunan tersebut lebih bersifat bangunan untuk di huni.pengulangan bentuk,garis,dimensi dengan jarak yang berbeda.serta terbuka karena pengulangan bentuk,garis dengan jarak berbeda dengan permulaan atau pengakhiran.
-          Vocal point : pada bagian luar yang tradisional
-          Skala : normal karena skala natural dapat di peroleh dengan pemecahan masalah fungsional secara wajar.besarnya ukuran pintu,jendela,dan unsur-unsur lain di mana manusia bekerja adalah menurut fungsinya atau standar ukuran yang ada.
-          Unity : tidak ada kesatuan karena bangunan tersebut berdiri sendiri yang membuat bangunan tersebut tidak menunjang keindahan serta ketidak serasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar