Sabtu, 21 November 2009

BANGUNAN UNIK DI DUNIA

Bangunan unik bertema ceria


Bangunan ini adalah salah satu bangunan unik yang memakai konsep ceria pada bangunan tersebut.ini terlihat pada pemakaian cat yang serba unik dan memakai warna cerah.serta memakai gambar-gambar yang ceria pula

Prinsip disain nya:
          -keseimbangan : asimetris karena bangunan tersebut bersifat tidak formal seperti bangunan perkantora.dan jika di tarik garis tengah pada bangunan tersebut maka akan terlihat berbeda pada bangunan ini.
          -irama : dinamis karena gambar serta warna yang di pakai membuat bangunan tersebut bersifat bergerak.serta pengulangan bentuk,garis,dan dimensi yang berbeda pula.
          -vocal pointnya : pada warna dan gambar yang terdapat pada bangunan tersebut yang membuat orang tertarik.
          -skala : normal karena bangunan dapat digunakan sebagai rumah hunian.
          - unity : ada keterpaduan karena bangunan tersebut ada beberapa bagian dalam rumah tersebut yang membuat bangunan tersebut utuh dan serasi.


Bangunan mesjid

 Bangunan ini adalah salah satu mesjid yang unik karena bangunan tersebut berupa tumpukan pada bagian atap bangunan dan dikelilingi oleh pepohonan yang membuat mesjid tersebut sangat sejuk.
Prisip disain :
          -keseimbangan : karena bangunan tersebut asimetris yang membuat bangunan tersebut terlihat tidak sama antara sisi kanan dengan kiri nya.
          -irama : dinamis karena bangunan tersebut banguna tersebut memiliki bentuk,garis,dan dimensi yang berbeda dan dengan jarak pengulangan yang berbeda dengan permulaan dan pengakhiran yang berbeda pula.
          - vocal point : pada bagian tumpukan atap mesjid yang berbentuk setengah lingkaran dan paling atas.
          - skala : skala monumental karena mesjid tersebut terlihat labih indah,megah,dan besar dari bangunan yang lain.
          - unity : keterpaduan karena gedung terdiri atas beberapa bentuk yang menyatu dalam satu tempat atau satu lokasi dengan pusat mesjid.


bangunan bertema mobil


Bangunan diatas ter inspirasi dari mobil yang di modifikasi.dan ternyata bangunan tersebut adalah salah satu bangunan unik yang dapat dijadikan sebagai tempat tinggal.
Dan bangunan tersebut banyak menggunakan media kaca agar terlihat dari berbagai sudut.

Prinsip disain :
-          keseimbangan : asimaetris karena bangunan tersebut bangunan jenis tidak formal dan bangunan tersebut jika ditarik garis tengah maka sisi kanan dengan kiri nya berbeda.
-          Irama : dinamis karena bangunan tersebut terlihat bergerak yang sesuai dengan tema bangunan tersebut yaitu mobil.serta pengulangan garis,bentuk,serta dimensi yang berbeda
-          Vocal point : pada bagian luar bangunan yang mirip sekali dengan mobil.
-          Skala : normal karena bangunan tersebut adalah bangunan tempat tinggal.
-          Unity : tidak ada karena bangunan tersebut dibuat berdiri sendiri dan tidak memiliki kesatuan serta keserasian.

bangunan bercoak


Bangunan di atas adalah salah satu gedung yang memakai banyak coakan yang membuat bangunan tersebut unik dari pada bangunan lain.dan coakan tersebut tetap di gunakan sebagai penambahan pada bangunan.

Prinsip disain :
          -keseimbangan : asimetris karena bangunan tersebut tidak formal dan jika di tarik garis tengah maka gedung tersebut akan berbeda pada sisi kanan dengan kiri.
          - irama : dinamis karena coakn tersebut membuat hasil coakan terlihat bergerak.serta pengulangan garis,dimensi,serta bidang bebas atau tidak di tentukan.
          -vocal point : pada bagian luar bangunan yang terdapat coakan dan coakan tersebut di gunakan sebagai penambah pada sisi lain bangunan.
          -skala : monumental karena bangunan tersebut terlihat megah dan besar dari bangunan lain.
          - unity : ada keterpaduan karena pada lokasi yang sama terdapat bangunan yang membuat bangunan tersebut ada keterpaduan satu dengan yang lain agar bangunan tersebut terlihat indah.

bangunan patung budha


Ini adalah bangunan bangunan hotel yang berbentuk patung dewa yang terdapat di cina.ini adalah salah satu bangunan unik.

Prinsip disain :
-          keseimbangan : asimetris karena bangunan tersebut berbentuk non formal dan terhadap garis tengah sumbu axis bagian kanan serta kiri nya berbentuk berbeda.
-          Irama : dinamis karena bangunan pengulangan bentuk,garis,dimensi yang berbeda serta tertutup karena bangunan tersebut memiliki jarak yang berbeda serta permulaan atau akhiran yang berbeda.
-          Vocal pointnya : pada bagian luar bentuk yang aneh dan unik yang berbentuk parung budha.
-          Skala : monumental karena bangunan tersebut terlihat lebih megah,besar dan lebih dari pada bangunan lain yang ada disekitarnya.
-          Unity : ada katerpaduan karena dalm lokasi yang sama terdapat bangunan yang membuat bangunan tersebut utuh dan serasi yang saling menunjang dan membentuk satu kesatuan yang lengkap,tidak berbelebihan,tidak kurang.


1 komentar: